PISPI DAN PERUM PERINDO TANDATANGANI KERJASAMA PENGEMBANGAN BIDANG PERIKANAN INDONESIA

Publish, 2018-02-11 22:19:35 WIB
Perhimpunan sarjana pertanian Indonesia menandatangani kerjasama pengembangan bidang perikanan dengan Perusahaan Umum Perikanan Indonesia pada Minggu 11 Februari 2018, bertempat di Kantor pusat Perum Perindo. Kerjasama ini dalam rangka pengembangan perikanan baik di kalangan pelaku usaha maupun pemangku kepentingan lainnya dan untuk meningkatkan kualitas pembangunan dan usaha bidang perikanan di seluruh wilayah Indonesia.

Kerjasama ini juga sebagai bentuk aktualisasi PISPI dalam mengintegrasikan semua elemen pertanian dalam arti luas yang meliputi perikanan dan kelautan. Menurut Ketua umum PISPI Ir. Sunarso, M.Si, “Sektor pertanian dalam arti luas ( pertanian, perkebunan, perikanan dan pangan) saat ini masih belum ada dirijen yang padu untuk mengintegrasikan nya. Sektor ini masih terfragmentasi dalam pengadaan maupun distribusinya. Hal inilah yang menimbulkan rantai yang panjang. Maka dari itu butuh strategi pembangunan pertanian yg integratif. Hal itulah yang salah satunya terjadi pada sektor perikanan”.

Penandatanganan MOU ini diawali dengan pemaparan dari Direktur Utama Perum Perindo Risyanto Suanda, S.Pi., M.Si terkait Perindo dalam mengembangkan lini usahanya dari sabang sampai merauke. Riswanto berharap PISPI bisa memberdayakan anggota-anggota nya dalam mendukung program Perum Perindo terlebih dalam program penyaluran dana kemitraan dari BUMN ke masyarakat melalui program kemitraan bina lingkungan (PKBL).

program-program PKBL yang berkembang di seluruh Indonesia ini ya salah satunya pendampingan, yang nantinya kita minta dari PISPI, Nelayan juga kan butuh pendamping, Ujarnya.

Hal ini sesuai dengan salah satu poin kerjasama dimana PISPI dilibatkan dalam kegiatan yang dilakukan oleh Perum Perindo, khususnya pelaksanaan kegiatan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) melalui Pengembangan sumber daya manusia berupa pelatihan dan pembinaan terhadap pelaku usaha perikanan mitra dari Perum Perindo.

Dalam kesempatan ini juga ditanda tangani kerjasama dengan Bupati pasangkayu yang juga pendiri PISPI bapak Agus Ambo Djiwa. Agus menjelaskan, tentang pelabuhan yang akan dibangun seluas 1.150 hektar. Nantinya sebagai kawasan pelabuhan strategis perikanan di Indonesia Timur yang akan berkerjasama dengan Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (PISPI), berserta perbankan.

Dan nanti pelabuhan ini, bisa berintergasi dengan dermaga kapal, karena di Indonesia Timur tidak ada kapal yang ada hanya di Balikpapan dan Surabaya. Kalau macet di Kalimantan dan Papua sana sangat jauh. Jadi dengan adanya pelabuhan disini kan jadi dekat, itu yang kita dorong kerjasama tersebut, tuturnya.

Dengan kegiatan ini tercipta kerjasama bersama antara PISPI dengan Perum Perindo dan juga Pemerintah Daerah Pasangkayu sulawesi barat.

sumber

Komentar

Category

Popular Article

Iklan Baris

© Hak Cipta Terpelihara PISPI