PISPI Sulsel Usul Revitalitasi Dan Restrukturisasi Kelompok Tani

Publish, 2016-07-29 16:43:07 WIB
Perhimpuana Sarjana Pertanian Indonesia (PISPI) BPW Sulawesi Selatan sangat mengapresiasi keberhasilan Menteri Pertanian RI beserta jajarannya dalam meningkatkan produksi tanaman pangan, khususnya Padi, Jagung dan Kedelai.

Namun Demikian PISPI mengharapkan bahwa produksi yang telah dicapai saat ini harus berkesinambungan atau sustain. “Kita berharap produksi yang mengalami kecederungan Increasing ini terus berlanjut dan partisipasi petani diharapkan semakin besar dalam mempertahankan dan meningkatkan produksi,” ungkap Suardi Bakri, ketua umum PISPI DPW Sulsel dalam diskusi PISPI yang digelar di coffe Tossil pada Jumat (22/7).

Hadir pada diskusi tersebut diantaranya Husba Phada, Abd. Ma’bud, Adnan Anwar dan Sjarir Jusuf. Diskusi membahas peran kelompok tani saat ini masih minim dalam mengupayakan peningkatan peoduksi. Produksi yang dicapai selama ini masih produksi petani secara individual atau rumah tangga, padahal potensi kelompok tani sangat besar dalam mengoptimalkan sumberdaya pertanian untuk meningkatkan produksi dan efisiensi usahatani. Dalam diskusi ini terungkap bahwa kelompok tani saat ini baru sebatas dimanfaatkan saat pengusulan dan penerimaan sarana produksi maupun alat alat dan mesin pertanian (Alsintan).

Kelompok tani belum dimanfaatkan sebagai sebuah wadah untuk mengatasi masalah produksi, misalnya mengkonsolidasi lahan yang semakin menyempit, memanfaatkan alsintan secara bersama, menanam, menyiang, dan memanen.

Aktivitas usahatani ini masih dilakukan oleh petani secara individual atau rumah tangga. Karena itu PISPI Sulawesi Selatan selatan saat ini melakukan kajian strategis dan menyusun project proposal untuk mengusulkan dilakukannya revitalisasi dan restrukturisasi kelompok tani. Project ini akan diusulkan pelaksanaannya selama 3 tahun di seluruh Indonesia. Doakan Saja project ini bisa berjalan sehingga kadaulatan pangan yang kita dambakan dapat dicapai.
sumber

Komentar

Category

Popular Article

Iklan Baris

© Hak Cipta Terpelihara PISPI