Pemerintah Disarankan Perbaiki Strategi Pembangunan Pertanian

Publish, 2016-12-07 12:23:16 WIB
Jakarta - Ketua Umum Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (PISPI), Sunarso mengatakan, pertanian di Indonesia harus memiliki strategi pembangunan. Karenanya, strategi pembangunan dan tata ruang pertanian harus diperbaiki.

Sebut saja contohnya Situ Gintung. Di situ banyak pintu-pintu masuk air, itu tandanya bendungan tersebut untuk pertanian dulunya. Itu saya amati. Perubahan-perubahan harus dilakukan, ujar Sunarso dalam Seminar Nasional tentang Peranan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam Membantu Pemerataan Pembangunan Pertanian di Jakarta, Senin (5/12).

Lebih lanjut Sunarso mengatakan, strategi pembangunan sektor pertanian juga harus visioner dan integratif. Menurutnya, pertanian Indonesia harus memikirkan bagaimana langkah selanjutnya.

Tidak hanya dilakukan hanya sekarang atau 5 tahun, tapi harus dipikirkan sampai 100 tahun ke depan. Pertanian tidak hanya dilakukan oleh sarjana pertanian saja, atau menteri pertanian saja. Tapi juga semua pihak. Terutama tata ruang harus diperbaiki, siklus hidrologi yang memutar itu, katanya.

PISPI, kata Sunarso, merupakan wadah bagi sarjana pertanian di Indonesia untuk menyalurkan aspirasi dan masukannya dalam rangka memajukan pertanian nasional.
sumber

Komentar

Category

Popular Article

Iklan Baris

© Hak Cipta Terpelihara PISPI